Get me outta here!

Jumat, 07 November 2014

ASAS-ASAS AKUNTANSI

Asas – asas akuntansi adalah suatu pedoman pelaksanaan akuntansi . Sebagai bahasa bisnis , akuntansi harus dapat memberikan pemahaman yang sama bagi setiap pemakai informasi keuangan .
Asas asas dasar akuntansi :
1.     Accrual basis : Asas ini menekankan bahwa pencatatan dilaksanakan pada saat terjadinya , tanpa melihat pengaruh transaksi tsb terhadap kas . Setiap transsaksi dipandang berdasrkan hak dan kewajiban yaitu pendapatan diakui pada saat jasa tsb dikerjakan , Beban diakui pada saat jasa diterima .

2.    Cash basis : setiap transaksi diakui pada saat penerimaan atau pengeluaran kas . Pencatatan suatu transaksi dilakukan saat ada pembayaran yang diterima ataupun pembayaran dikeluarkan .

3.    Asas kesatuan usaha : Konsep tsb menekankan bahwa sbagai kesatuan usaha tersendiri,maka transaksi yg terjadi harus dipisahkan dengan transaksi yg terjadi atas kepentingan pemilik dan karyawan perusahaan.

4.    Kelangsungan usaha ( GOING CONCERN ) : suatu perusahaan akan melangsungkan usaha dalam waktu yang tidak terbatas  .

5.    Konsep pembandingan pendapatan dengan beban ( matching concept )
Konsep pembandingan pendapatan dengan beban menekankan bahwa beban beban yang terjadi dalam satu periode akuntansi hanya dapat diakuijika bertujuan dalam rangka memperoleh pendaptan pada periode akuntansi yang sama

B . Penggolongan Akun Neraca
Aktiva : sumber daya yang dimiliki perusahaan sebagai akibat suatu peristiwa masa lalu dan dinilai dalam satuan uang .

·         Aktiva lancar ( current assets ) : kas dan bank , surat surat berharga , account receivable , notes receivable , supplies , prepaid...., pendapatan yang masih harus diterima
·         Long term investment : investasi dalam bentuk saham / obligasi
·         Fixed asset : Land , Building , Machine , Equipment , Vehicle
Land tidak disusutkan karena tdk terjadi penurunan nilai .
·         Intangible asset ( aktiva tak berwujud ) : Hak cipta , goodwill , Hak paten , merk dagang , franchise

Kewajiban / Liabilities

·         Current Liabilities : account payable , notes payable , accrued expenses , deffered revenue
·         Long term liabilities : Mortgage payable,hutang hipotik(bond payable)

SIKLUS AKUNTANSI
Adalah proses pencatatan m penggolongan , pengikhtisaran dan pelaporan dari suatu transaksi ekonomi pada suatu periode tertentu

Tahap pencatatan dan penggolongan : * menerima dan membuat bukti transaksi , pencatatan transaksi ke dalam jurnal umum , pemindahbukuan data jurnal ke dalam buku besar .

Tahap pengikhtisaran :
·         Menyusun Neraca saldo
·         Membuat jurnal penyesuaian
·         Menyusun kertas kerja(tambahan/pilihan)
·         Membuat Jurnal penutup
·         Menyusun Neraca Saldo setelah penutupan
·         Membuat jurnal pembalik

Tahap Pelaporan : pembuatan laporan keuangan yang terdiri atas, laporan laba rugi , laporan laba ditahan , laporan posisi keuangan , laporan arus kas dan catatan atas laporan keuangan .

Jurnal merupakan catatan pertama ( book of original entry ) dalam proses siklus akuntansi.
Buku besar merupakan buku yang berisi kumpulan dari semua akun yang ada di perusahaan . Pemindah bukuan (posting) adalah kegiatan memindahkan jumlah pada setiap pos yang terdapat di dalam jurnal ke akun buku besar yang bersangkutan.

Langkah langkah posting : pindahkan tanggal transaksi , pindahkan angkanya dan beri keterangan , pada kolom pr buku besar tulis halaman jurnal , pada kolom jurnal tulis no refrensi akun akun yang bersangkutan .



NERACA SALDO / TRIAL BALANCE
Berfungsi dalam menguji apakah jumlah saldo debit seimbang dengan jumlah saldo kredit  .
Neraca saldo merupakan daftar seluruh akun pada buku besar yang dimiliki oleh perusahaan .

KERTAS KERJA / WORKSHEET
Adalah suatu formulir yang menampung semua informasi yang dibutuhkan untuk membantu penyusunan laporan keuangan formal , mencatat penyesuaian dan jurnal penutup .
Fungsi : mengurangi kemungkinan lupa dalam penyesuaian , memudahkan pemeriksaan perhitungan , memungkinkan penyusunan data dalam urutan yang logis , menyediakan sumber data untuk laporan keuangan .

JURNAL PENYESUAIAN / ADJUSTING ENTRY
Proses pencatatan transaksi tertentu di akhir periode akuntansi agar setiap nilai akun dalam laporan keungan menunjukkan keadaan keuangan yang sesungguhnya saat dilaporkan .

DEFERRAL: Penangguhan atau penundaan pengakuan atas suatu beban yang telah dibayar atau pendapatn yang telah diterima .
ACCRUAL : suatu beban yang belum dibayar atau pendapatan yang belum diterima .

JURNAL PENUTUP/CLOSING ENTRY
Dibuat pada akhir periode akuntansi dan dipergunakan untuk mempermudah penyajian laporan laba rugi untuk periode yang mendatang .
Penutupan buku merupakan kegiatan pemindahan saldo akun nominal dan dividen ke akun modal . Sehingga ,akum nominal akan bersaldo nol sementara akun modal akan menunjukkan saldo akhir sesuai yang tercantum pada neraca akhir .

POSTING JURNAL PENYESUAIAN KE BUKU BESAR .
Hal ini dilakukan agar saldo saldo untuk akun akun rekening nominal bernilai nol.

NERACA SALDO SETELAH PENUTUPAN
Tujuan : untuk memastikan keseimbangan saldo buku besar agar dalam pencatatan transaksi pada periode selanjutnya dapat dilakukan dengan akurat . Neraca Saldo penutupan hanya memuat saldo akun riil yang terdiri atas akun aktiva(harta),kewajiban dan modal .


JURNAL PEMBALIK / REVERSING ENTRY
Jurnal yang dibuat untuk mengembalikan saldo akun dari pos penyesuaian tertentu yang dibuat pada periode sebelumnya . Jurnal pembalik biasanya dibuat pada awal periode
Tujuan : agar tidak terjadi pencatatan double dan agar pencatatannya konsisten dengan pencatatan sebelumnya

Jurnal yang perlu dibalik semua yang ACCRUED , Jurnal yang awalnya dicatat dengan metode pendekatan pendapatan dan beban J

LAPORAN KEUANGAN
Tujuan : menyediakan informasi yang menyangkut posisi keuangan , kinerja serta perubahan posisi keuangan suatu perusahaan yang bermanfaat bagi sejumlah pemakai informasi dalam pengambilan keputusan ekonomi .

LAPORAN LABA RUGI
Suatu laporan keuangan yang menjadikan informasi mengenai besarnya pendapatan yang diperoleh atau rugi yang diderita suatu perusahaan dalam suatu periode .


Source :

Sigit, Soehardi. 1983. Asas-Asas Akuntansi. Yogyakarta. Liberty.

4 komentar: