a)
Kesepadanan
·
Mengandung unsur gramatikal è S + P + O + K
-
Riri
sedang memakan ayam penyet pedas sekali di ruang arsip Lab Manajemen Dasar.
-
Utami
menulis daftar hadir mahasiswa saat praktikum sedang berlangsung.
·
Tidak menjamakkan subjek
Tidak Efektif :
-
Wulan
sedang bermain mata, kemudian Wulan dimarahi
oleh kekasihnya.
-
Berkunjung
ke Thailand, Syifa memutuskan untuk mengunjungi Wat Arun dan Syifa mencoba makanan khas Thailand.
Efektif :
-
Wulan
sedang bermain mata, kemudian dimarahi oleh kekasihnya.
-
Berkunjung
ke Thailand, Syifa memutuskan untuk mengunjungi Wat Arun dan mencoba makanan
khas Thailand.
b)
Kesejajaran
·
Kesamaan bentuk kata/imbuhan pada
satu kalimat
-
Ibu
membantu nenek dengan membawakan barang belanjaan nenek ke
dalam rumah.
-
Kucing
itu diberi makan oleh adik dengan
cara disuapi ke mulut kucing.
c)
Ketegasan
Memberikan penekanan dalam suatu kalimat dengan cara :
·
Meletakkan kata yang ingin
ditonjolkan di depan kalimat
-
Desti
bermimpi bahwa ia membiayai kedua orangtua nya pergi Haji.
-
è Mimpi Desti agar
ia dapat membiayai kedua orangtua nya pergi Haji.
·
Membuat urutan yang bertahap
-
Yang
bertanggung jawab di dalam Lab Manajemen Dasar adalah mulai dari Asisten,
Penanggung Jawab, Staff Laboratorium, hingga Ketua Laboratorium.
-
Di
Toko Baju Maju Jaya di sediakan ukuran Small (S), Medium (M), Large (L), dan
Extra Large (XL).
·
Melakukan pengulangan kata
-
Cowok
itu pintar dan cowok itu ganteng.
-
Dina
rajin dan Dina pandai menabung.
·
Menggunakan partikel -lah, -pun, -kah
-lah :
-
Akankah dia menggunakan baju yang aku
berikan?
-
Benarkah dia itu pacarmu?
-pun :
-
Walaupun tidak pernah absen namun dia tetap
tidak mengerti materi yang dberikan dosen.
-
Akupun turut bersedih atas kabar duka
tersebut.
-lah :
-
Kamulah yang harus menyelesaikan semua
masalah.
-
Merekalah yang akan membawa buku untuk besok.
d)
Kehematan
·
Tidak menggunakan kata/frasa yang
tidak diperlukan
-
Karena
Dilla merasa sakit, Dilla pun tidak masuk
sekolah. (Tidak Efektif)
-
Karena
merasa sakit, Dilla pun tidak masuk sekolah. (Efektif)
-
Jangan
turun ke bawah nanti jatuh. (Tidak Efektif)
-
Jangan
turun nanti jatuh. (Efektif)
e)
Kecermatan
·
Tidak memberikan makna ganda (ambigu)
-
Mira
mendapatkan ranking 1 dan mendapat piala. (Tidak Efektif)
-
Mira
memperoleh ranking 1 disekolah dan mendapat piala. (Efektif)
f)
Kepaduan
·
Tidak bertele-tele dan langsung pada
inti kalimat
-
Giring
Nidji menceritakan tentang sejarah pembentukan Band Nidji. (Tidak Efektif)
-
Giring
Nidji menceritakan sejarah pembentukan Band Nidji. (Efektif)
g)
Kelogisan
·
Unsur-unsur dalam kalimat harus
berdasarkan logika dan fakta
-
Yang
ada di dalam kelas ini harus keluar. (Tidak Efektif)
-
Semua
siswa yang ada di dalam kelas ini harus keluar. (Efektif)
0 komentar:
Posting Komentar