Get me outta here!

Senin, 07 November 2016

Ciri-Ciri Kalimat Efektif Beserta Contohnya


a)      Kesepadanan
·         Mengandung unsur gramatikal è S + P + O + K
-          Riri sedang memakan ayam penyet pedas sekali di ruang arsip Lab Manajemen Dasar.
-          Utami menulis daftar hadir mahasiswa saat praktikum sedang berlangsung.
·         Tidak menjamakkan subjek
Tidak Efektif :
-          Wulan sedang bermain mata, kemudian Wulan dimarahi oleh kekasihnya.
-          Berkunjung ke Thailand, Syifa memutuskan untuk mengunjungi Wat Arun dan Syifa mencoba makanan khas Thailand.
Efektif :
-          Wulan sedang bermain mata, kemudian dimarahi oleh kekasihnya.
-          Berkunjung ke Thailand, Syifa memutuskan untuk mengunjungi Wat Arun dan mencoba makanan khas Thailand.

b)     Kesejajaran
·         Kesamaan bentuk kata/imbuhan pada satu kalimat
-          Ibu membantu nenek dengan membawakan barang belanjaan nenek ke dalam rumah.
-          Kucing itu diberi makan oleh adik dengan cara disuapi ke mulut kucing.

c)      Ketegasan
Memberikan penekanan dalam suatu kalimat dengan cara :
·         Meletakkan kata yang ingin ditonjolkan di depan kalimat
-          Desti bermimpi bahwa ia membiayai kedua orangtua nya pergi Haji.
-          è Mimpi Desti agar ia dapat membiayai kedua orangtua nya pergi Haji.
·         Membuat urutan yang bertahap
-          Yang bertanggung jawab di dalam Lab Manajemen Dasar adalah mulai dari Asisten, Penanggung Jawab, Staff Laboratorium, hingga Ketua Laboratorium.
-          Di Toko Baju Maju Jaya di sediakan ukuran Small (S), Medium (M), Large (L), dan Extra Large (XL).
·         Melakukan pengulangan kata
-          Cowok itu pintar dan cowok itu ganteng.
-          Dina rajin dan Dina pandai menabung.
·         Menggunakan partikel -lah, -pun, -kah
-lah :
-          Akankah dia menggunakan baju yang aku berikan?
-          Benarkah dia itu pacarmu?
-pun :
-          Walaupun tidak pernah absen namun dia tetap tidak mengerti materi yang dberikan dosen.
-          Akupun turut bersedih atas kabar duka tersebut.
-lah :
-          Kamulah yang harus menyelesaikan semua masalah.
-          Merekalah yang akan membawa buku untuk besok.

d)     Kehematan
·         Tidak menggunakan kata/frasa yang tidak diperlukan
-          Karena Dilla merasa sakit, Dilla pun tidak masuk sekolah. (Tidak Efektif)
-          Karena merasa sakit, Dilla pun tidak masuk sekolah. (Efektif)
-          Jangan turun ke bawah nanti jatuh. (Tidak Efektif)
-          Jangan turun nanti jatuh. (Efektif)

e)      Kecermatan
·         Tidak memberikan makna ganda (ambigu)
-          Mira mendapatkan ranking 1 dan mendapat piala. (Tidak Efektif)
-          Mira memperoleh ranking 1 disekolah dan mendapat piala.  (Efektif)

f)       Kepaduan
·         Tidak bertele-tele dan langsung pada inti kalimat
-          Giring Nidji menceritakan tentang sejarah pembentukan Band Nidji. (Tidak Efektif)
-          Giring Nidji menceritakan sejarah pembentukan Band Nidji. (Efektif)

g)      Kelogisan
·         Unsur-unsur dalam kalimat harus berdasarkan logika dan fakta
-          Yang ada di dalam kelas ini harus keluar. (Tidak Efektif)
-          Semua siswa yang ada di dalam kelas ini harus keluar. (Efektif)

0 komentar:

Posting Komentar