Yang dimaksud dengan ekonomi mikro adalah suatu ilmu
ekonomi yang melihat dan menganalisis kegiatan-kegiatan ekonomi dengan
menganalisis bagian-bagian yang kecil dari keseluruhan kegiatan ekonomi, Atau
definisi ekonomi mikro yang lain yaitu merupakan suatu cabang ilmu ekonomi yang
mempelajari mengenai perilaku konsumen dan perodusen serta penentuan dari harga
pasar maupun kuantitas faktor input, produk dan jasa yang diperjualbelikan
dalam pasar. Kegiatan ekonomi mikro umumnya mengacu kepada ruang lingkup yang
lebih kecil seperti misalnya: rumah tangga dan perusahaan. Contoh yang mendasar
seperti interaksi di pasar yaitu kegiatan jual-beli antara penjual dan pembeli
atau konsumen dan produsen. Pada dasarnya konsumen selalu berusaha untuk
memuaskan seluruh keperluan atau kebutuhannya dan penjual selalu berusaha untuk
mendapatkan keuntungan yang maksimal. Baca juga mengenai: Pengertian ekonomi
makro dan permasalahannya yang dihadapi.
Analisa ekonomi mikro dibagi menjadi 3, diantaranya
seperti di bawah ini:
1. Teori harga
Yaitu sebagai dasar untuk menganalisa interaksi antara
penawaran dan permintaan barang atau jasa yang ada dalam pasar serta berbagai
macam faktor yang dapat mempengaruhinya. Yang dianalisa seperti:
- Proses dari pembentukan harga yang dipengaruhi oleh interaksi antar permintaan dan penawaran suatu produk atau jasa didalam suatu pasar.
- Lalu faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perubahan permintaan mapun perubahan penawaran.
- Selanjutnya hubungan antara harga permintaan dan penawaran.
- Bentuk-bentuk pasar.
- Dan konsep elastisitas permintaan dan penawaran.
2. Teori produksi
Yaitu sebagai dasar untuk menganalisa biaya produksi
dan tingkat dari produksi. Yang dianalisa seperti:
- Masalah mengenai biaya produksi barang atau jasa.
- Lalu tingkat produksi yang paling menguntungkan bagi pihak produsen.
- Dan kombinasi dari faktor produksi yang harus dipilih oleh produsen supaya tujuan mendapatkan laba yang mksimal bisa tercapai.
3. Teori distribusi
Yaitu teori yang menganalisa ekonomi mikro mengenai
upah karyawan atau tenaga kerja, besarnya bunga yang perlu dibayarkan kepada
pemilik modal dan besarnya keuntungan yang didapatkan oleh produsen.
Aadapun aktivitas unit-unit dari ekonomi yang dikaji
dalam ekonomi mikro, diantaranya seperti di bawah ini:
- Yang pertama, mempelajari mengenai bagaimana perilaku seseorang sebagai konsumen atau pembeli, sebagai pemilik dari sumber ekonomi dan sebagai produsen.
- Yang kedua, mempelajari bagaimana arus dari perputaran barang ataupun jasa yang dimulai dari produsen sampai kepada konsumen.
- Yang ketiga, mempelajari mengenai bagaimana harga-harga barang atau jasa dapat dibentuk.
- Yang keempat, mempelajari mengenai bagaimana pihak produsen dalam menentukan tingkat produksinya supaya dapat tercapai keuntungan yang maksimal.
- Dan yang kelima, mempelajari menganai bagaimana konsumen mengalokasikan penghasilannya yang terbatas untuk mendapatkan produk atau jasa yang dibutuhkannya sehingga bisa tercapai kepuasan yang maksimal.
Komponen yang terdapat pada ekonomi mikro
1. Interaksi di Pasar Barang
Hal pertama yang dijelaskan dalam teori ekonomi mikro
yaitu tentang aktivitas suatu pasar barang. Dilihat dari segi pandangan ekonomi
mikro, suatu perekonomian adalah gabungan bari berbagai jenis pasar, termasuk
pasar barang. Maka untuk mengenal corak dari kegiatan suatu perekonomian, perlu
untuk memperhatikan corak dari suatu pasar barang.
Aktivitas tawar menawar menganai harga barang yang
dilakukan oleh penjual dan pembeli di pasar. Kegiatan ini dilakukan dengan
tujuan untuk membentuk harga yang sesuai dengan kesepakatan dari kedua belah
pihak. Pembentukan harga barang terjadi melalui proses interaksi permintaan dan
penawaran antar pihak penjual dan pembeli, dan kesepakatan harga dapat
menghasilkan keseimbangan. Dengan mendalami ekonomi mikro dapat diketahui
persoalan yang sedang terjadi dalam interaksi di dalam pasar.
2. Tingkah Laku Penjual dan Pembeli
Lalu hal yang dijelaskan dalam teori ekonomi mikro
yaitu mengenai tingkah laku konsumen dan produsen atau pembeli dan penjual di
dalam pasar. Kegiatan produsen dan konsumen pada kegiatan ekonomi dilandasi
oleh tujuan mereka masing-masing. Dalam ekonomi mikro dibahas menganai upaya
konsumen dalam mencukupi kebutuhan dengan pendapatannya yang sangat terbatas,
dan sementara itu prilaku produsen dibahas tentang upaya bagaimana produsen
dalam memperoleh keuntungan yang maksimal. Anggapan yang dipakai dalam
menganalisis prilaku konsumen dan produsen dalam kegiatan erkonomi yaitu
sebagaimana berikut ini:
- Yang pertama, pihak produsen dan konsumen melakukan kegiatan ekonomi secara rasional.
- Yang kedua, konsumen berusaha mendapatkan kepuasan yang maksimal dengan dana yang sangat terbatas.
- Yang ketiga, produsen berusaha mendapatkan keuntungan yang maksimal dengan pengorbanan tertentu.
3. Interaksi di Pasaran
Dan hal terpenting lainnya yang dibahas dalam teori
ekonomi mikro yaitu interaksi antra konsumen dan produsen atau penjual dan
pembeli di pasaran faktor-faktor produksi. Pasar faktor produksi menyediakan
faktor-faktor produksi yang diperlukan oleh pihak produsen untuk dapat
melakukan kegiatan produksinya. Faktor produksi diantaranya seperti: SDA
(sumber daya alam), SDM (Sumber daya manusia), modal dan kewirausahaan.
Faktor-faktor produksi tersebut disediakan oleh rumah tangga konsumen, atas
penyediaan dari faktor-faktor produksi rumah tangga konsumen akan mendapatkan
balasan jasa. Di pasar faktor produksi juga akan terjadi tawar-menawar antar
produsen dan konsumen dalam pembentukan harga.
0 komentar:
Posting Komentar