Get me outta here!

Sabtu, 02 Januari 2016

Determinan Sosial Kesehatan

Determinan sosial kesehatan yaitu keadaan ekonomi serta sosial – serta distribusi mereka diantara masyarakat – bahwasanya perbedaan dampak individu serta grup dalam status kesehatan. Mereka yaitu aspek resiko yang ditemukan dalam kehidupan seorang serta keadaan kerja (seperti distribusi pendapatan, kekayaan, dampak, serta kekuasaan), serta bukan hanya aspek individu (seperti aspek resiko tingkah laku atau genetika) yang memengaruhi resiko untuk penyakit, atau kerentanan penyakit atau cedera. Berdasar sebagian pojok pandang, distribusi ini determinan sosial yang dibentuk oleh kebijakan umum yang mencerminkan dampak ideologi politik yang mengatur yurisdiksi yang berlaku. Organisasi kesehatan dunia menyampaikan bahwasanya ” distribusi ini tak rata pengalaman mengakibatkan kerusakan kesehatan tak dalam rasa fenomena ‘alami’ namun adalah hasil dari gabungan beracun kebijakan miskin sosial, penyusunan ekonomi yg tidak adil dimana baik-off serta sehat telah jadi lebih kaya serta miskin yang telah lebih barangkali sakit jadi lebih miskin, serta politik yang jelek. “
 Determinan sosial kesehatan
Accepted social determinants of health

Tak ada pengertian tunggal dari determinan sosial kesehatan, namun ada kesamaan, serta banyak organisasi pemerintah serta non-pemerintah mengaku bahwasanya ada aspek-faktor sosial yang memengaruhi kesehatan individu.

Pada th. 2003, organisasi kesehatan dunia (who) eropa menyebutkan bahwasanya determinan sosial kesehatan terhitung gradien sosial (harapan hidup yang lebih pendek serta penyakit yang lebih umum lebih bawah tangga sosial), stres (terhitung stres ditempat kerja), pengembangan anak umur awal, pengucilan sosial, pengangguran, jaringan support sosial, kecanduan, tersedianya makanan sehat, serta transportasi yang sehat. Who lalu meningkatkan komisi sosial penentu kesehatan, yang pada th. 2008 menerbitkan suatu laporan berjudul ” tutup gap di generation suatu “. Laporan ini mengidentifikasi dua bagian luas determinan sosial kesehatan yang butuh dikerjakan. Daerah pertama yaitu keadaan kehidupan keseharian, yang terhitung lingkungan yang sehat fisik, kerja yang adil serta pekerjaan yang layak, perlindungan sosial di semua periode hidup, serta akses ke perawatan kesehatan. Area utama ke-2 yaitu distribusi kekuasaan, uang, serta sumber daya, terhitung keadilan dalam program kesehatan, pembiayaan umum dari aksi pada determinan sosial, kesenjangan ekonomi, penipisan sumber daya, keadaan kerja yang sehat, kesetaraan gender, pemberdayaan politik, serta keseimbangan kemampuan serta kemakmuran bangsa.

The 2011 world conference on social determinants of health dibawa berbarengan delegasi dari 125 negara anggota serta menyebabkan deklarasi rio politik sosial penentu kesehatan. Deklarasi ini melibatkan penegasan bahwasanya ketidakadilan kesehatan tak dapat di terima, serta mencatat bahwasanya ketidakadilan itu nampak dari keadaan sosial dimana orang dilahirkan, tumbuh, hidup, bekerja, serta umur, terhitung pengembangan anak umur awal, pendidikan, status ekonomi, ketenagakerjaan serta pekerjaan yang layak, lingkungan perumahan, serta pencegahan yang efisien serta penyembuhan persoalan kesehatan.

Amerika serikat centers for disease control mendeskripsikan determinan sosial kesehatan untuk ” sumber daya penambahan mutu kehidupan, seperti penyediaan pangan, perumahan, jalinan ekonomi serta sosial, transportasi, pendidikan, serta kesehatan, yang distribusinya di semua populasi dengan cara efisien memastikan panjang serta mutu hidup “. Ini terhitung akses ke perawatan serta sumber daya seperti makanan, asuransi, pendapatan, perumahan, serta transportasi. Penentu sosial dampak kesehatan mempromosikan kesehatan tingkah laku, serta kesetaraan kesehatan di kelompok masyarakat mustahil tiada adil distribusi determinan sosial pada kelompok-kelompok.

Woolf menyebutkan, ” sejauh mana keadaan sosial memengaruhi kesehatan digambarkan oleh jalinan pada pendidikan serta tingkat kematian “. Laporan th. 2005 tunjukkan angka kematian yaitu 206, 3 per 100. 000 untuk orang dewasa berumur 25 hingga 64 th. Dengan sedikit pendidikan tinggi diluar sekolah, namun 2 x semakin besar (477, 6 per 100. 000) untuk mereka yang cuma mengenyam pendidikan sekolah tinggi serta 3 kali semakin besar (650, 4 per 100. 000) buat mereka yang kurang berpendidikan. Menurut data yang dihimpun, keadaan sosial seperti pendidikan, pendapatan, serta ras yang benar-benar bergantung pada keduanya, namun ini keadaan sosial juga berlaku dampak kesehatan berdiri sendiri.


Marmot serta bell temukan bahwasanya di negara-negara kaya, pendapatan serta mortalitas berkorelasi untuk pemberi tanda posisi relatif dalam orang-orang, serta posisi relatif ini terkait dengan keadaan sosial yang utama untuk kesehatan terhitung pengembangan anak umur awal yang terbaik, akses pada pendidikan yang berkwalitas terbaik, beruntung bekerja dengan sebagian derajat otonomi, perumahan yang layak, serta lingkungan hidup yang bersih serta aman. Keadaan sosial otonomi, kontrol, serta pemberdayaan nyatanya dampak utama pada kesehatan serta penyakit, serta individu yg tidak mempunyai partisipasi sosial serta kontrol atas hidup mereka ada pada resiko semakin besar untuk penyakit jantung serta penyakit mental.

0 komentar:

Posting Komentar